Kalau orang ditanya bagaimanakah Kualitas Barang tersebut ...? atau bagaimanakah Kualitas Pelayangannya? .... pasti orang tersebut menjawab bentuk akhir produk tersebut atau bentuk pelayanannya. Ini artinya banyak orang mempunyai paradigma bahwa Kualitas adalah Hasil Akhir suatu Produk atau suatu Pelayanan. Dan ini menggiring opini kita bahwa Kualitas adalah benar benar Hasil Akhir suatu produk / pekerjaan.
Padahal... tidaklah
demikian.
Kualitas Produk atau
Kualitas Pelayanan bukanlah suatu pekerjaan akhir, tetapi merupakan suatu
proses pembangunan kualitas yang terstruktur dan menyeluruh dari awal proses
sampai akhir proses.
Total Quality Management
(TQM) adalah suatu konsep pembangunan Kualitas yang terstruktur dan menyeluruh
dari awal proses sampai akhir proses sehingga menghasilkan produk / pekerjaan
yang mempunyai Kualitas yang Unggul.
Di dalam TQM juga
ditekankan bahwa Index Kualitas harus di dasarkan pada perspective konsumen dan
bukannya perspective produsen. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah yang rumit
bagi perusahaan untuk menangkap apakah sebenarnya Quality Perspective yang
dimiliki oleh Konsumen.
Semuanya akan di kupas
dalam Training TQM ini.
Training Outline
·
What is TQM
·
Mengapa perlu TQM
·
Tujuan TQM
·
TQM Circle Concept:
1.
Focus on Customers
· Customer Expectation
& Customer Satisfaction
· Product
Life Cycle
2.
Quality Process Management
· Konsep
Quality Station
· Process
Quality Control (PQC)
3.
Quality Process Improvement
· 5S & 7
Waste sebagai pondasi dasar TQM
· PDCA Circle
· Kaizen
& JIT (Just In Time)
4.
Quality Tools
· QC 7 Tools
· Poka Yoke
& Jidoka
5.
Total Participant
· Leadership
in Quality
· Quality
Control Circle (QCC) implementation
·
Kunci Sukses Penerapan TQM
Metode
Pelatihan
Seminar / In Class Training / In house Training
· Dialog
Interaktif / Sharing
· Diskusi
Grup / Latihan
di kelas & Case Study
Lama
Pelatihan
·
Seminar / In Class
Training >>> 2 hari (14 jam)
Sasaran Peserta
Pelatihan
·
Manager, Supervisor, Leader, Officer dari berbagai bidang.
0 komentar:
Posting Komentar