Selasa, 03 April 2018

Total Quality Management (TQM)


Kalau orang ditanya bagaimanakah Kualitas Barang tersebut ...? atau bagaimanakah Kualitas Pelayangannya? .... pasti orang tersebut menjawab bentuk akhir produk tersebut atau bentuk pelayanannya. Ini artinya banyak orang mempunyai paradigma bahwa Kualitas adalah Hasil Akhir suatu Produk atau suatu Pelayanan. Dan ini menggiring opini kita bahwa Kualitas adalah benar benar Hasil Akhir suatu produk / pekerjaan.

Padahal... tidaklah demikian.
Kualitas Produk atau Kualitas Pelayanan bukanlah suatu pekerjaan akhir, tetapi merupakan suatu proses pembangunan kualitas yang terstruktur dan menyeluruh dari awal proses sampai akhir proses.

Total Quality Management (TQM) adalah suatu konsep pembangunan Kualitas yang terstruktur dan menyeluruh dari awal proses sampai akhir proses sehingga menghasilkan produk / pekerjaan yang mempunyai Kualitas yang Unggul.

Di dalam TQM juga ditekankan bahwa Index Kualitas harus di dasarkan pada perspective konsumen dan bukannya perspective produsen. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah yang rumit bagi perusahaan untuk menangkap apakah sebenarnya Quality Perspective yang dimiliki oleh Konsumen.

Semuanya akan di kupas dalam Training TQM ini.

Training Outline
·       What is TQM
·       Mengapa perlu TQM
·       Tujuan TQM
·       TQM Circle Concept:
1.   Focus on Customers
·       Customer Expectation & Customer Satisfaction
·       Product Life Cycle
2.   Quality Process Management
·       Konsep Quality Station
·       Process Quality Control (PQC)
3.   Quality Process Improvement
·       5S & 7 Waste sebagai pondasi dasar TQM
·       PDCA Circle
·       Kaizen &  JIT (Just In Time)
4.   Quality Tools
·       QC 7 Tools
·       Poka Yoke & Jidoka
5.   Total Participant
·       Leadership in Quality
·       Quality Control Circle (QCC) implementation
·       Kunci Sukses Penerapan TQM

Metode Pelatihan
Seminar / In Class Training / In house Training
·       Dialog Interaktif / Sharing
·       Diskusi Grup / Latihan di kelas & Case Study

Lama Pelatihan
·       Seminar / In Class Training >>> 2 hari (14 jam)

Sasaran Peserta Pelatihan
·       Manager, Supervisor, Leader, Officer dari berbagai bidang.

0 komentar:

Posting Komentar