Selasa, 03 April 2018

Root Cause Analysis




Sering kali kita dihadapkan dengan masalah/problem yang tak kunjung selesai dalam pekerjaan kita. Kita seperti kehabisan akal karena biasanya masalah yang terjadi sifatnya berulang tetapi ironisnya kita seperti terlena dengan keadaan tersebut dan tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Belum lagi energi kita habis untuk mengerjakan efek dari masalah tersebut.

Root Cause Analysis (RCA) adalah salah satu metode komprehensive yang digunakan untuk mencari akar permasalahan dari problem yang terjadi serta bagaimana mencari solusi yang tepat sehingga kita terbebas dengan problem yang ada. Di dalam RCA terdapat berbagai macam Tools yang cocok untuk digunakan mulai dari mencari Identifikasi Proses yang terjadi di dalam pekerjaan kita, Investigasi permasalahan, Analisa permasalahan sampai dengan Corrective Action serta metode implementasinya.

Dengan memahami metodologi RCA diharapkan kita mempunyai Tools yang tepat untuk menyelesaikan problem yang ada di area pekerjaan kita dengan cepat dan tepat serta tidak terluang lagi sehingga waktu kita akan lebih banyak mengerjakan pekerjaan yang mempunyai Added Value.

Training ini akan dibawakan dengan lebih banyak praktikalnya untuk lebih memahami penggunaan Tools yang ada dibandingkan dengan teori. Tools yang akan dipelajari adalah Tools yang sudah proven dan siap untuk digunakan.

Training Outline
1.   What is Root Cause Analysis (RCA)
2.   Objective, Function & Methodology RCA
3.   PDCA Circle, pondasi dasar RCA
4.   RCA Observation à Process Mapping, VSM, Process Identification, Interaksi Antar Proses, Red Cloud Analysis
5.   Investigation & Understanding Tools à 3 Gen – 2 Gen Concept, RACI Concept, Fish Bond, Pareto Charts,
6.   Identification & Analysis Tools à Why Tree, 5 Why, NGT, FF & FC Concept
7.   Corrective Action à Effect Effort Matrix, 5W 1H
8.   Implementation à Project Management

Metode Pelatihan
·       Dialog Interaktif / Sharing
·       Diskusi Grup
·       Latihan di Kelas / Study Kasus
·       Real Case Workshop (menyelesaikan kasus dari peserta training)

Lama Pelatihan
·       2 hari (14 jam)

Sasaran Peserta Pelatihan
·       Teknisi, Leader/Officer, Foreman/Supervisor, Section Head, Manager dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar