Tahukah anda…? sebuah bolpoint tersusun kurang dari 10 buah komponen, tetapi sebuah pesawat terbang jenis Boeing 747-400 tersusun lebih dari 6 juta komponen. Akankah semua komponen tersebut di lakukan pengecekan sebelum memastikan laik tidaknya pesawat tersebut terbang..? berapa lama pemborosan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan tersebut?
Atau terbayangkah anda jika sebuah boiler berkapasitas 100 ton meledak…? atau sebuah tangki penyimpanan bahan bakar meledak…. ? atau alat alat vital berbahaya lainnya mengalami kerusakan ?
Berapa besar biaya yang harus dikeluarkan jika hal diatas terjadi…. ?
Lalu bagaimanakah cara kita menjamin kehandalan kerja dari alat-alat tersebut..?
Reliability Centered Maintenance (RCM) merupakan salah satu metode maintenance yang sanggup untuk menjawab permasalahan diatas.
RCM berfokus pada Preventive Maintenance (PM) yang menjamin Reliability Fungsi dan Safety dari alat-alat yang digunakan. Dengan adanya fokus pada reliability dan safety maka point of PM dapat ditekan dan pada akhirnya akan menekan biaya operasional maintenance tetapi tetap menjamin reliability dan safety dari alat-alat yang digunakan.
2 Tools penting yang digunakan dalam implementasi RCM adalah FMEA (Failure Mode and Effect Analysis), yaitu suatu metode yang digunakan untuk menganalisa kemungkinan terjadinya kegagalan suatu proses serta pencegahannya, serta FTA (Fault Tree Analysis), yaitu suatu metode yang digunakan untuk mencari akar permasalahan suatu kegagalan.
RCM sangat cocok sekali diimplementasikan pada industri industri yang menitik beratkan pada Safety dan Reliability sebagai tolok ukur keberhasilan perusahaan seperti industri penerbangan, oil & gas, pertambangan, perkapalan, dll.
Training Outline
· What is Reability Centered Maintenance (RCM)
· Latar belakang munculnya RCM
· Konsep, Metode dan Tujuan RCM
· Prinsip-Prinsip RCM
· Komponen dari RCM
· Failure Mode and Effect Analysis (FMEA)
· Fault Tree Analysis (FTA)
· Metode RCM
· Metodologi RCM
· Benefit dari RCM
Metode Pelatihan
Seminar / In Class Training / In house Training
· Dialog Interaktif / Sharing
· Diskusi Grup / Latihan di kelas & Case Study
Lama Pelatihan
· Seminar / In Class Training >>> 1 hari (7 jam)
Sasaran Peserta Pelatihan
· Teknisi, Engineer, Foreman, Supervisor, Manager Maintenance & Engineering serta orang yang concern dengan kegiatan maintenance
0 komentar:
Posting Komentar